Cara Mudah Hapus Virus Komputer Terbaru

virus komputer - http://tipsmudahpraktis.blogspot.co.id/

Cara Mudah dan Praktis Hapus Virus Komputer - Bagi orang-orang yang bekerja dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop, virus adalah musuh utama. Meski kemudian virus komputer ini berkembang dengan menyerang pula flasdisk, android, dan tablet. 

Virus komputer adalah sebuah program atau aplikasi yang mampu menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan jalan menyisipkan dirinya pada program atau data lainnya. Seperti halnya virus yang berbentuk makhluk hidup, virus komputer juga dapat menulari "sel-sel" dalam komputer atau aplikasi sehingga akibatnya dapat merusak perangkat lunaknya.

Jenis-jenis Virus Komputer
Dilihat dari cara kerjanya, virus komputer bisa dikelompokan ke dalam kategori sebagai berikut.
  • Worm. Virus model ini biasanya menduplikasi dirinya, dan yang menjadi sasaran adalah harddisk. Akibatnya sumber daya komputer menjadi penuh akibat virus ini.
  • Trojan. Ini virus type pencuri. Dikatakan demikian karena setelah menginfeksi sebuah data kemudian data itu dikirim kepada si pembuat virus tesebut.
  • Backdoor. Mirip dengan Trojan. Backdoor memasuki file-file data yang telah terinfeksi sebelumnya dan mengambil data-datanya.
  • Spyware. Virus ini memantau komputer yang terinfeksi. Spyware mampu melacak segala aktifitas kerja kita baik ketika bekerja maupun ketika berselancar di dunia maya. Spyware mampu merekam kata-kata dan kalimat yang diketikan di keyboard, merekam tiap halaman yang kita buka di internet. Spyware bisa merusak sistem keamanan perangkat komputer kita dan membuka rahasia kita.
  • Rogue. Virus ini diciptakan untuk meraih uang. Rogue merupakan program yang bisa meniru program antivirus yang terpasang di komputer kita, memberikan peringatan-peringatan palsu akan adanya serangan virus. Tujuannya adalah menggiring pengguna komputer untuk mengaktifkan anti virus palsu itu dan membelinya.
  • Rootkit. Cara kerja virus ini adalah dengan menyerupai sistem kerja komputer, menyerangnya, kemudian menyalin datanya.
  • Polymorphic dan Metamorphic virus. Virus ini pandai berubah-ubah bentuk  dan pengkodean sehingga sulit terdeteksi. 
Ciri-Ciri Komputer Yang Terkena Virus
Ada beberapa ciri yang bisa dilihat jika komputer Anda memang terserang virus. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah
  • Komputer terasa kian lambat
  • Komputer sering hang
  • Waktu startup windows yang terasa lama
  • Tidak bisa dibukanya beberapa file seperti
  • Tidak bisa mengakses internet padahal koneksi tidak bermasalah
  • Munculnya jendela pop up seolah-olah dari program antivirus yang berisi peringatan bahwa komputer Anda saat ini bermasalah dan harus segera diperbaiki, padahal Anda sebelumnya tidak pernah menginstal Antivirus tersebut.
  • Tidak bisa mengubah atribut file
  • Beberapa file Anda seakan-akan hilang secara bersamaan padahal hanya ter-hidden
  • Munculnya file dengan nama-nama yang aneh, yang tidak pernah Anda buat
  •  dan hal-hal yang mencurigakan lainnya.

Penyebab Penularan Virus Komputer
Takada asap kalau takada api. Begitu pepatah mengatakan. Dari mana datangnya virus hingg bisa menyerang komputer Anda? Ada beberapa cara yang bisa menjadi pintu masuknya virus ke komputer Anda.
  1. Software Bajakan. Hayoo, ngaku deh kalau software yang digunakan ternyata masih software bajakan. Membeli software bajakan sangat berpeluang membawa virus ke dalam komputer Anda, ini dikarenakan bisa saja komputer asal software tersebut terjangkit virus, dan virus itu menempel ke software yang Anda beli. Cara ini terutama banyak terjadi pada software game bajakan. 
  2. Flashdisk dan CD. Media lain yang bisa menyebarkan virus di komputer adalah flashdisk dan CD. Kedua media ini lumrah digunakan dalam transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Tapi tanpa disadari kebiasaan ini justru akan menyebarkan virus dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Kebiasaan bertukar file film sesama rekan di kantor biasanya ikut menyertakan virus. Terutama virus shortcute.
  3. Email. Virus komputer juga bisa menyerang melalui email yang terinfeksi virus. Biasanya ke alamat email kita sering masuk email-email yang tidak kita kenal pengirimnya. Email tersebut biasanya dibarengi dengan link yang jika link itu kita klik maka virus akan masuk ke komputer kita.
  4. Anti Virus. Takjarang anti virus justru penyebar virus. Anti virus yang seperti ini biasanya memiliki ciri-ciri; hanya mengadkan pengujin pada awak byte, tidak melakukan proses self chek, bisa diuninstall, dan tidak memiliki batas kadaluarsa. Berhati-hatilah.

Cara Mudah dan Praktis Hapus Virus Komputer
Jika komputer sudah terserang virus maka ada langkah-langkah yang wajib dilakukan agar komputer bisa pulih kembali. Berikut adalah cara yang mudah dan praktis yang bisa Anda lakukan.
  • Back Up Semua Dokumen. Sebagai antisipasi dari kerusakan atau hilang, sebelum melakukan langkah-langkah penghapusan virus, alangkah baiknya kita memback up semua file penting, seperti data/dokumen, foto, atau video. Bisa disimpan di flashdisk, atau harddisk portable.
  • Persiapkan Aplikasi untuk Membersihkan Virus. Minimal pergunakan tiga aplikasi yang digunakan, dengan tujuan semakin banyak aplikasi yang digunakan maka peluang "menangkap" virus pun semakin besar. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan, diantaranya; Kaspersky TDSSKiller Anti Rootkit Utility, Malwarebytes Anti-Malware, SUPERAntiSpywarePortable Scanner.
  • Start Windom dalam Safe Mode. Caranya restart komputer kemudian tekan F8 secara berulang-ulang hingga muncul Windows Boot Option, pilih windows safe mode.
  • Jalankan Aplikasi Pembasmi Virus. Setelah windows berhasil login mulailah menjalankan aplikasi tadi. Mula-mula jalankan Kaspersky TDSSKiller Anti Rootkit Utility terus Malwarebytes Anti-Malware kemudian disambung
    SUPERAntiSpywarePortable Scanner. Setelah semuanya beres, dan komputer telah dibersihkan dan discanning dengan aplikasi tersebut, kita lanjut dengan menginstall antivirus misalkan Avast, AVG, atau yang lainnya dengan opsi full scanning. Jangan lupa pasang antivirus yang sudah update.

antivirus - http://tipsmudahpraktis.blogspot.co.id/

  • Membersihkan System Restore. Kita mesti mendelete system restore yag sudah dibuat, tujuannya adalah untuk menghindari system restore terkena virus. Caranya adalah Klik Start Menu --> All Program--> Accessories--> System Tools kemudian Disk Cleanup. Pilih Drive yang akan dibersihkan. Klik tab More Options kemudian pada system restore klik cleanup. Akan muncul konfirmasi Disk CleanUp, klik delete.

antivirus - http://tipsmudahpraktis.blogspot.co.id/

  • Membersihkan Temporary File. Selanjutya adalah membersihkan temporary file, bisa menggunakan aplikasi Temp File Cleaner. Aplikasi ini akan membersihkan semua temporary folders pada semua user accounts.
  • Perbaikan Sistem Operasi Windows. Untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh virus, seperti misalnya rusaknya file association, sehingga beberapa document tidak bisa dibuka dengan program defaultnya, kita harus merepairnya dengan merepair registry. Apabila kerusakan telah cukup parah, maka melakukan Repair Windows merupakan langkah yang harus kita jalankan.
  • Gunakan Rescue CD. Apabila kerusakan yang ditimbulkan oleh virus ini mengakibatkan komputer tidak bisa booting sama sekali, maka kita harus menggunakan apa yang disebut sebagai Rescue CD.
 Itulah sedikit ulasan tentang virus komputer; jenis virus komputer, ciri-ciri komputer yang terkena virus, penyebab komputer terkena virus, serta cara mudah dan praktis dalam menghapus virus komputer. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara Mudah Hapus Virus Komputer Terbaru"

Post a Comment